Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah. Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Sanjaya, Anggit
dc.date.accessioned 2018-02-14T03:21:24Z
dc.date.available 2018-02-14T03:21:24Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2651
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada tidaknya Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Purworejo. 2) Ada tidaknya Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Purworejo. 3) Ada tidaknya Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua secara bersama-sama Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Purworejo. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 136 siswa diambil sampel 95 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar siswa berada pada kategori cukup 45,26% sebanyak 45 siswa, bimbingan orang tua berada pada kategori 58,95% sebanyak 56 siswa dan status sosial ekonomi orang tua siswa berada pada kategori cukup sebesar 47,36% sebanyak 45 siswa. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa sebesar 15,37%(r = 0,392; sig 0,000<0,05; dan r2=0,153664), ada pengaruh yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa sebesar 9,55%(r = 0,309; sig 0,004<0,05; dan r2=0,095481). Hasil analisis regresi ganda, diperoleh koefisien regresi (R) sebesar 0,566 (Fhitung sebesar 19,052 dengan sig 0,000 < 0,05) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,320. Ini menunjukan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara bimbingan orang tua dan status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa sebesar 32,0% hal ini berarti 68,0% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Persamaan koefisien regresi Y = 44,590 + 0,379 X1 + 0,301 X2 en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject Hasil Belajar, bimbingan orang tua, status sosial ekonomi orang tua en_US
dc.title Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah. Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account