Abstract:
Penelitian ini berlatar belakang hasil belajar siswa yang menggunakan model
Inkuiri berbantuan multimedia dan hasil belajar siswa yang menggunakan metode
konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara
prestasi belajar siswa yang menggunakan model inkuiri berbantuan multimedia
dengan model konvensional dalam mata pelajaran Kewirausahaan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen atau eksperimen semu
dengan populasi sasaran adalah siswa kelas XI SMK di Magelang, sedangkan
populasi terjangkau adalah siswa kelas XI SMK Adipura Magelang. Data diperoleh
dari sampel penelitian yang terdiri atas dua kelompok atau dua kelas, yakni kelompok
atau kelas kontrol dan kelompok atau kelas treatment yang masing-masing berjumlah
23 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pre- dan post-test dalam
dua siklus, sedangkan instrumen yang digunakan adalah soal pre- dan post-test yang
terdiri atas 10 item. Uji persyaratan analisis data yang digunakan adalah uji validitas,
tingkat kesukaran, daya pembeda, reliabilitas, normalitas dan uji homogenitas. Teknik
analisis data menggunakan uji t yang dianalisis melalui SPSS for Windows ver. 17.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen dan data pada penelitian ini
dinyatakan valid (rhit = 0, 473 > rtab = 0,202), tingkat kesukaran sedang (index
kesukaran = 0,44), daya pembeda cukup (0,27), reliabel (rhit = 0,636 > rtab = 0,202),
sebaran data normal (signifikansi = 0,893 > α = 0,05) dan homogen (signifikansi =
0,199 > α = 0,05). Persentase peningkatan nilai siswa pada Kelompok Eksperimen
sebesar 40,45% lebih besar dibanding pada Kelompok Kontrol yang hanya sebesar
4,76%. Berdasarkan hasil Uji t diperoleh nilai thit (3,804) > ttab (2,021) yang berarti
bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kewirausahaan yang signifikan antara siswa
yang belajarnya menggunakan model Inkuiri berbantuan Multimedia dengan siswa
yang belajarnya menggunakan model Konvensional di SMK Adipura Magelang
Kelas XI.