Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN ANTARA SISWA YANG BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI BERBANTUAN MULTIMEDIA DENGAN SISWA YANG BELAJARNYA MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DI SMK ADIPURA MAGELANG KELAS XI

Show simple item record

dc.contributor.author Sudarti, Dwi
dc.date.accessioned 2018-02-14T03:21:59Z
dc.date.available 2018-02-14T03:21:59Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2652
dc.description.abstract Penelitian ini berlatar belakang hasil belajar siswa yang menggunakan model Inkuiri berbantuan multimedia dan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara prestasi belajar siswa yang menggunakan model inkuiri berbantuan multimedia dengan model konvensional dalam mata pelajaran Kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen atau eksperimen semu dengan populasi sasaran adalah siswa kelas XI SMK di Magelang, sedangkan populasi terjangkau adalah siswa kelas XI SMK Adipura Magelang. Data diperoleh dari sampel penelitian yang terdiri atas dua kelompok atau dua kelas, yakni kelompok atau kelas kontrol dan kelompok atau kelas treatment yang masing-masing berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pre- dan post-test dalam dua siklus, sedangkan instrumen yang digunakan adalah soal pre- dan post-test yang terdiri atas 10 item. Uji persyaratan analisis data yang digunakan adalah uji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, reliabilitas, normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data menggunakan uji t yang dianalisis melalui SPSS for Windows ver. 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen dan data pada penelitian ini dinyatakan valid (rhit = 0, 473 > rtab = 0,202), tingkat kesukaran sedang (index kesukaran = 0,44), daya pembeda cukup (0,27), reliabel (rhit = 0,636 > rtab = 0,202), sebaran data normal (signifikansi = 0,893 > α = 0,05) dan homogen (signifikansi = 0,199 > α = 0,05). Persentase peningkatan nilai siswa pada Kelompok Eksperimen sebesar 40,45% lebih besar dibanding pada Kelompok Kontrol yang hanya sebesar 4,76%. Berdasarkan hasil Uji t diperoleh nilai thit (3,804) > ttab (2,021) yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kewirausahaan yang signifikan antara siswa yang belajarnya menggunakan model Inkuiri berbantuan Multimedia dengan siswa yang belajarnya menggunakan model Konvensional di SMK Adipura Magelang Kelas XI. en_US
dc.publisher Pend. Ekonomi en_US
dc.subject model inkuiri berbantuan multimedia, metode konvensional, hasil belajar en_US
dc.title PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN ANTARA SISWA YANG BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI BERBANTUAN MULTIMEDIA DENGAN SISWA YANG BELAJARNYA MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DI SMK ADIPURA MAGELANG KELAS XI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account