Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh pendidikan life skills terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 Purworejo, (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh intelegensi terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 Purworejo, (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh pendidikan life skills dan intelegensi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 Purworejo.
Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 Purworejo yang berjumlah 160 siswa. Sampel penelitian diambil 110 siswa dengan berpedoman pada tabel Krejcie dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukan bahwa pendidikan life skills berada pada kategori tinggi sebesar 50,09%, intelegensi berada pada kategori tinggi sebesar 68,18%, dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Purworejo berada pada kategori baik sebesar 82,72%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan life skills terhadap prestasi belajar siswa sebesar 16,48% (r=0,406 ; thitung = 4, 594 ; sig < 0.05 ). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara ntelegensi terhadap prestasi belajar siswa sebesar 14,98% (r=0,387 ; thitung = 4,339 ; sig < 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan life skills dan intelegensi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 23 Purworejo sebesar 29,9% dan 70,1% dipengaruhi oleh faktor lain (R=0,547 ; Fhitung =22,873 ; sig 0,000 < 0,05). Dengan demikian hipotesis dapat diterima.