Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Pendidikan Life Skills dan Intelegensi Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 23 Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Kurniawati, Beti
dc.date.accessioned 2018-02-14T03:30:50Z
dc.date.available 2018-02-14T03:30:50Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2658
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh pendidikan life skills terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 Purworejo, (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh intelegensi terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 Purworejo, (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh pendidikan life skills dan intelegensi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 Purworejo. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 Purworejo yang berjumlah 160 siswa. Sampel penelitian diambil 110 siswa dengan berpedoman pada tabel Krejcie dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukan bahwa pendidikan life skills berada pada kategori tinggi sebesar 50,09%, intelegensi berada pada kategori tinggi sebesar 68,18%, dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Purworejo berada pada kategori baik sebesar 82,72%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan life skills terhadap prestasi belajar siswa sebesar 16,48% (r=0,406 ; thitung = 4, 594 ; sig < 0.05 ). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara ntelegensi terhadap prestasi belajar siswa sebesar 14,98% (r=0,387 ; thitung = 4,339 ; sig < 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan life skills dan intelegensi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 23 Purworejo sebesar 29,9% dan 70,1% dipengaruhi oleh faktor lain (R=0,547 ; Fhitung =22,873 ; sig 0,000 < 0,05). Dengan demikian hipotesis dapat diterima. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject Pendidikan Life Skills, Intelegensi dan Prestasi Belajar Siswa en_US
dc.title Pengaruh Pendidikan Life Skills dan Intelegensi Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 23 Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account