Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada tidaknya pengaruh
lokasi terhadap keputusan membeli barang di toko Swalayan Alfamart Kledung
Purworejo. (2) ada tidaknya pengaruh pelayanan terhadap keputusan membeli
konsumen di toko Swalayan Alfamart Kledung Purworejo. (3) ada tidaknya
pengaruh lokasi dan pelayanan terhadap keputusan membeli konsumen di toko
Swalayan Alfamart Kledung Purworejo.
Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan cara Sampel
Kuota atau Quota Sampel. Teknik penentuan sampel dari populasi yang
mempunyai ciri-ciri tertentu sampai jumlah (kuota) yang diinginkan. Teknik
pengambilan sampel dilakukan dengan cara insidental. Dalam penelitian ini
jumlah sampel yang ditetapkan peneliti adalah 50 konsumen. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan Analisis Deskriptif menunjukkan bahwa : Variabel pelayanan
konsumen di Swalayan Alfamart Kledung Purworejo pada kategori baik yaitu
sebanyak 32 konsumen (70%). Variabel Lokasi Swalayan Alfamart Kledung
Purworejo pada kategori strategis yaitu sebanyak 31 konsumen (62%). Variabel
keputusan konsumen dalam membeli di Swalayan Alfamart Kledung Purworejo,
berada pada kategori sangat tinggi yaitu sebanyak 35 konsumen (70%).
Berdasarkan analisis korelasi ganda dilanjutkan dengan regresi menunjukkan
bahwa: (1) variabel pelayanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan
terhadap Y dan pengaruhya sebesar 43,16% diperoleh ( rx1y = 0,657 ; t hitung =
5,976; sig. < 0,05), (2) variabel lokasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan
terhadap Y dan pengaruhnya sebesar 18,49% ( rx1y = 0.430 ; t hitung = 3,265; sig. <
0,05 ), (3) Berdasarkan uji ANOVA atau uji F sehingga dapat diketahui variabel
pelayanan dan variabel lokasi secara bersama – sama memberi pengaruh positif
dan signifikan terhadap Y dan pengaruhnya sebesar 93,30% ( rx1y = 0,966; f hitung =
327,593; sig < 0,05). Persmaan koefisien regresi Y = 9,275 + 0,508 X1 + 0,272 X2