Abstract:
Penelitian ini merumuskan masalah apakah (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan terhadap prestasi belajar siswa, (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kelelahan dan terhadap prestasi belajar siswa, (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas siswa dan terhadap prestasi belajar siswa, (4) ada pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama – sama antara lingkungan belajar, kelelahan dan kreativitas siswa dan terhadap prestasi belajar siswa.
Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pejagoan Kabupaten Kebumen. Sampel penelitian berjumlah 114 siswa, ditentukan dengan berpedoman pada tabel Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa lingkungan belajar kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pejagoan berada pada kategori cukup sebesar 37,72%, kelelahan berada pada kategori cukup sebesar 34,21%, kreativitas berada pada kategori kurang sebesar 37,72%, dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pejagoan berada pada kategori baik sebesar 80,70%. Berdasarkan analisis kuantitatif disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhahap prestasi belajar siswa sebesar 10,89% (r=0,330; sig0,000<0,05; dan r2=0,1089), ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kelelahan terhahap prestasi belajar siswa sebesar 10,96% (r= 0,331; sig0,000<0,05; dan r2=0,109561), ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas siswa terhahap prestasi belajar siswa sebesar 11,29% (r=0,336; sig0,000<0,05; dan r2=0,112896). Hasil analisis regresi ganda, diperoleh koefisien regresi (R) sebesar 0,799 (F=64.952; sig 0,000<0,05) dan koefisien determinasi sebesar 0,639. Ini menunjukan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar, kelelahan, dan kreativitas secara bersama – sama terhadap prestasi belajar sebesar 63,9% sedangkan 36,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dengan lingkungan belajar dapat diperoleh t=3,664, kelelahan diperoleh t = 3,679 dan kreativitas siswa diperoleh t = 3,736. Persamaan koefisien regresi Y=34,641+0,560X1+0,317X2+0,594 X3 dengan demikian hipotesis dapat diterima.