Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Lingkungan Belajar, Kelelahan, dan Kreativitas Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pejagoan Kabupaten Kebumen

Show simple item record

dc.contributor.author Apriyanti, Dwi Arini
dc.date.accessioned 2018-02-14T03:36:50Z
dc.date.available 2018-02-14T03:36:50Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2661
dc.description.abstract Penelitian ini merumuskan masalah apakah (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan terhadap prestasi belajar siswa, (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kelelahan dan terhadap prestasi belajar siswa, (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas siswa dan terhadap prestasi belajar siswa, (4) ada pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama – sama antara lingkungan belajar, kelelahan dan kreativitas siswa dan terhadap prestasi belajar siswa. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pejagoan Kabupaten Kebumen. Sampel penelitian berjumlah 114 siswa, ditentukan dengan berpedoman pada tabel Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa lingkungan belajar kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pejagoan berada pada kategori cukup sebesar 37,72%, kelelahan berada pada kategori cukup sebesar 34,21%, kreativitas berada pada kategori kurang sebesar 37,72%, dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pejagoan berada pada kategori baik sebesar 80,70%. Berdasarkan analisis kuantitatif disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhahap prestasi belajar siswa sebesar 10,89% (r=0,330; sig0,000<0,05; dan r2=0,1089), ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kelelahan terhahap prestasi belajar siswa sebesar 10,96% (r= 0,331; sig0,000<0,05; dan r2=0,109561), ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas siswa terhahap prestasi belajar siswa sebesar 11,29% (r=0,336; sig0,000<0,05; dan r2=0,112896). Hasil analisis regresi ganda, diperoleh koefisien regresi (R) sebesar 0,799 (F=64.952; sig 0,000<0,05) dan koefisien determinasi sebesar 0,639. Ini menunjukan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar, kelelahan, dan kreativitas secara bersama – sama terhadap prestasi belajar sebesar 63,9% sedangkan 36,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dengan lingkungan belajar dapat diperoleh t=3,664, kelelahan diperoleh t = 3,679 dan kreativitas siswa diperoleh t = 3,736. Persamaan koefisien regresi Y=34,641+0,560X1+0,317X2+0,594 X3 dengan demikian hipotesis dapat diterima. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject lingkungan, kelelahan, kreativitas, prestasi en_US
dc.title Pengaruh Lingkungan Belajar, Kelelahan, dan Kreativitas Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pejagoan Kabupaten Kebumen en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account