Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada tidaknya pengaruh
perilaku wirausaha terhadap omset penjualan Pedagang Kaki Lima di Alun – Alun
Purworejo. (2) ada tidaknya pengaruh kualitas produk terhadap omset penjualan
Pedagang Kaki Lima di Alun – Alun Purworejo. (3) ada tidaknya pengaruh antara
perilaku wirausaha dan kualitas produk terhadap omset penjualan Pedagang Kaki
Lima di Alun – Alun purworejo.
Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan cara Sampel
Kuota atau Quota Sampel. Teknik penentuan sampel dari populasi yang
mempunyai ciri-ciri tertentu sampai jumlah (kuota) yang diinginkan. Teknik
pengambilan sampel dilakukan dengan cara insidental. Dalam penelitian ini
jumlah sampel yang ditetapkan peneliti adalah 30 pedagang kaki lima. Teknik
analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan Analisis Deskriptif menunjukkan bahwa, variabel perilaku
wirausaha berada pada kategori baik yaitu sebanyak 21 PKL (70%). Variabel
Kualitas Produk berada pada kategori baik yaitu sebanyak 20 PKL (66,67%).
Sedangkan Variabel Omset Penjualan berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak
23 PKL (76,67%). Berdasarkan Analisis Kuantitatif menunjukkan bahwa: (1)
variabel Perilaku Wirausaha diperoleh (thitung= 5,212; ttabel= 2,048; r = 0,708; r2=
0,5012; sig.= 0,000 < 0,05 maka signifikan) pegaruhnya sebesar 50,12 % terhadap
omset penjualan. (2) variabel bebas Kualitas Produk diperoleh (thitung= 4,009;
ttabel= 2,048; r = 0,611; r2= 0,3733; sig.= 0,000 < 0,05 maka signifikan)
pegaruhnya sebesar 37,33 % terhadap omset penjualan. (3) Hasil uji ANOVA atau
uji F, diperoleh (F hitung= 677,652; F tabel 3,35; R = 0,990; Rsquare = 0,980; dan sig.0,000 < 0,05 maka signifikan). Sehingga dapat diketahui bahwa Perilaku
Wirausaha dan Kualitas Produk secara bersama-sama memberi pengaruh positif
dan signifikan sebesar 98,00% terhadap Omset Penjualan dan sisanya sebesar 2,00
% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Persamaan koefisien regresi
Y = -0,344 + 0,299 X1 + 0,225 X2