Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Perilaku Kewirausahaan dan Kualitas Produk Terhadap Omset Penjualan Pedagang Kaki Lima di alun-alun Purworejo Kabupaten Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Prakoso, Erik Dwi
dc.date.accessioned 2018-02-14T03:42:32Z
dc.date.available 2018-02-14T03:42:32Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2665
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada tidaknya pengaruh perilaku wirausaha terhadap omset penjualan Pedagang Kaki Lima di Alun – Alun Purworejo. (2) ada tidaknya pengaruh kualitas produk terhadap omset penjualan Pedagang Kaki Lima di Alun – Alun Purworejo. (3) ada tidaknya pengaruh antara perilaku wirausaha dan kualitas produk terhadap omset penjualan Pedagang Kaki Lima di Alun – Alun purworejo. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan cara Sampel Kuota atau Quota Sampel. Teknik penentuan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu sampai jumlah (kuota) yang diinginkan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara insidental. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang ditetapkan peneliti adalah 30 pedagang kaki lima. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan Analisis Deskriptif menunjukkan bahwa, variabel perilaku wirausaha berada pada kategori baik yaitu sebanyak 21 PKL (70%). Variabel Kualitas Produk berada pada kategori baik yaitu sebanyak 20 PKL (66,67%). Sedangkan Variabel Omset Penjualan berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 23 PKL (76,67%). Berdasarkan Analisis Kuantitatif menunjukkan bahwa: (1) variabel Perilaku Wirausaha diperoleh (thitung= 5,212; ttabel= 2,048; r = 0,708; r2= 0,5012; sig.= 0,000 < 0,05 maka signifikan) pegaruhnya sebesar 50,12 % terhadap omset penjualan. (2) variabel bebas Kualitas Produk diperoleh (thitung= 4,009; ttabel= 2,048; r = 0,611; r2= 0,3733; sig.= 0,000 < 0,05 maka signifikan) pegaruhnya sebesar 37,33 % terhadap omset penjualan. (3) Hasil uji ANOVA atau uji F, diperoleh (F hitung= 677,652; F tabel 3,35; R = 0,990; Rsquare = 0,980; dan sig.0,000 < 0,05 maka signifikan). Sehingga dapat diketahui bahwa Perilaku Wirausaha dan Kualitas Produk secara bersama-sama memberi pengaruh positif dan signifikan sebesar 98,00% terhadap Omset Penjualan dan sisanya sebesar 2,00 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Persamaan koefisien regresi Y = -0,344 + 0,299 X1 + 0,225 X2 en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject perilaku wirausaha, kualitas produk, omset penjualan en_US
dc.title Pengaruh Perilaku Kewirausahaan dan Kualitas Produk Terhadap Omset Penjualan Pedagang Kaki Lima di alun-alun Purworejo Kabupaten Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account