Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Ada tidaknya pengaruh yang
positif dan signifikan antara Interaksi Sosial terhadap Hasil Belajar siswa di SMK
YPE Kroya Kabupaten Cilacap. (2) Ada tidaknya pengaruh yang positif dan
signifikan antara Motivasi terhadap Hasil Belajar siswa di SMK YPE Kroya
kabupaten Cilacap. (3) Ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara
Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar siswa di SMK YPE Kroya Kabupaten
Cilacap. (4) Ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara Interaksi
Sosial, Motivasi dan Kebiasaan Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil
Belajar siswa di SMK YPE Kroya Kabupaten Cilacap.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh
Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 290 siswa diambil
sampel 158 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumen dan
metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan analisis kuantitatif. Sedangkan analisisnya menggunakan bantuan
komputer program SPSS for Windows 16.0
Berdasarkan hasil analisis deskriptif variabel interaksi sosial di SMK YPE
Kroya Kabupaten Cilacap berada pada kategori tinggi dengan presentase (72,15%
), variabel motivasi belajar berada pada kategori tinggi dengan presentase (
53,80% ), variabel kebiasaan belajar berada pada kategori tinggi dengan
presentase ( 61,39% ) dan variabel hasil belajar siswa berada pada kategori baik
dengan presentase ( 79,75%). Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan
bahwa interaksi sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil
belajar siswa sebesar 24,80% ( rx1y0,498 ; thitung0,893 sig < 0,05). Motivasi belajar
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar
39,94% ( rx2y 0,632 ; thitung5,926 sig < 0,05). Kebiasaan belajar berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 23,61% ( rx3y 0,486 ;
thitung0,680 sig < 0,05). Interaksi sosial, motivasi dan kebiasaan belajar
berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap hasil belajar
sisiwa dengan Fhitung 35,766 sig < 0,05. Hasil analisis regresi ganda, diperoleh
koefisien regresi ( R ) sebesar 0,641 sehingga diperoleh koefisien determinasi ( R2
) sebesar 0,411. Sehinga pengaruh interaksi sosial, motivaasi dan kebiasaan
belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa sebesar 41,10%
sedangkan 58,90% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.