Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Interaksi Sosial, Motivasi dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMK YPE Kroya Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Asih, Fitroh Retno
dc.date.accessioned 2018-02-14T03:43:57Z
dc.date.available 2018-02-14T03:43:57Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2667
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara Interaksi Sosial terhadap Hasil Belajar siswa di SMK YPE Kroya Kabupaten Cilacap. (2) Ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara Motivasi terhadap Hasil Belajar siswa di SMK YPE Kroya kabupaten Cilacap. (3) Ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar siswa di SMK YPE Kroya Kabupaten Cilacap. (4) Ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara Interaksi Sosial, Motivasi dan Kebiasaan Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar siswa di SMK YPE Kroya Kabupaten Cilacap. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 290 siswa diambil sampel 158 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumen dan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Sedangkan analisisnya menggunakan bantuan komputer program SPSS for Windows 16.0 Berdasarkan hasil analisis deskriptif variabel interaksi sosial di SMK YPE Kroya Kabupaten Cilacap berada pada kategori tinggi dengan presentase (72,15% ), variabel motivasi belajar berada pada kategori tinggi dengan presentase ( 53,80% ), variabel kebiasaan belajar berada pada kategori tinggi dengan presentase ( 61,39% ) dan variabel hasil belajar siswa berada pada kategori baik dengan presentase ( 79,75%). Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa interaksi sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 24,80% ( rx1y0,498 ; thitung0,893 sig < 0,05). Motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 39,94% ( rx2y 0,632 ; thitung5,926 sig < 0,05). Kebiasaan belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 23,61% ( rx3y 0,486 ; thitung0,680 sig < 0,05). Interaksi sosial, motivasi dan kebiasaan belajar berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap hasil belajar sisiwa dengan Fhitung 35,766 sig < 0,05. Hasil analisis regresi ganda, diperoleh koefisien regresi ( R ) sebesar 0,641 sehingga diperoleh koefisien determinasi ( R2 ) sebesar 0,411. Sehinga pengaruh interaksi sosial, motivaasi dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa sebesar 41,10% sedangkan 58,90% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject interaksi sosial, motivasi, kebiasaan belajar, hasil belajar en_US
dc.title Pengaruh Interaksi Sosial, Motivasi dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMK YPE Kroya Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account