Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) ada tidaknya pengaruh
positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa, (2) ada
tidaknya pengaruh positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap prestasi
belajar siswa, (3) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan
masyarakat terhadap prestasi belajar siswa (4) ada tidaknya pengaruh positif dan
signifikan lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat
secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa.
Berdasarkan metode analisis deskriptif menunjukkan bahwa berdasarkan
analisis deskriptif, secara umum diketahui bahwa prestasi belajar siswa SMP
Negeri 33 Purworejo pada kategori baik
Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa variabel lingkungan
keluarga secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar siswa ( r =
0,0268, t = 2,560 dengan sig 0,012 < 0,05 ) dengan sumbangan sebesar 7,18%.
Variabel lingkungan sekolah secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi
belajar siswa koefisien ( r = 0,437, t = 4,485 dengan sig 0,000 < 0,05 ) dengan
sumbangan sebesar 7,40%. Variabel lingkungan masyarakat secara positif dan
signifikan mempengaruhi prestasi belajar siswa koefisien ( r = 0,704, t = 9,146
dengan sig 0,000 < 0,05 ) dengan sumbangan sebesar 9,90%. berarti ada pengaruh
yang positif dan signifikan lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan
lingkungan masyarakat secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap
prestasi belajar siswa dan R = 0,723, r2 = 0,522 , F = 30,963 ,dan sig 0,000.
Sehingga besarnya sumbangan variabel lingkungan keluarga, lingkungan sekolah
dan lingkungan masyarakat secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa
adalah sebesar 52,2%, dan 47,8 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
diteliti, dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.