Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Lingkungan Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 33 Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Wardani, Lanjar Kusuman
dc.date.accessioned 2018-02-14T03:48:27Z
dc.date.available 2018-02-14T03:48:27Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2669
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa, (2) ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa, (3) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa (4) ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan metode analisis deskriptif menunjukkan bahwa berdasarkan analisis deskriptif, secara umum diketahui bahwa prestasi belajar siswa SMP Negeri 33 Purworejo pada kategori baik Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa variabel lingkungan keluarga secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar siswa ( r = 0,0268, t = 2,560 dengan sig 0,012 < 0,05 ) dengan sumbangan sebesar 7,18%. Variabel lingkungan sekolah secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar siswa koefisien ( r = 0,437, t = 4,485 dengan sig 0,000 < 0,05 ) dengan sumbangan sebesar 7,40%. Variabel lingkungan masyarakat secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar siswa koefisien ( r = 0,704, t = 9,146 dengan sig 0,000 < 0,05 ) dengan sumbangan sebesar 9,90%. berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa dan R = 0,723, r2 = 0,522 , F = 30,963 ,dan sig 0,000. Sehingga besarnya sumbangan variabel lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 52,2%, dan 47,8 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, prestasi belajar en_US
dc.title Pengaruh Lingkungan Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 33 Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account