Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara interaksi sosial keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA
Muhammadiyah Purworejo. (2) apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara
motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo. (3)
apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara interaksi sosial lingkungan dan motivasi
belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah
Purworejo.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan
Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 104 siswa diambil sampel 78 siswa.
Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode dokumen dan metode angket atau kuesioner. Teknik
analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa prestasi belajar berada pada
kategori cukup dengan persentase 39,74%, sedangkan untuk interaksi sosial keluarga
tergolong tinggi dengan persentase 60,25%, sedangkan untuk motivasi belajar tergolong
tinggi dengan persentase 60,25%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada
pengaruh positif dan signifikan antara interaksi sosial keluarga dengan prestasi belajar
sebesar 17,89% (rx1y = 0,423; sig < 0,05; thitung = 4,041). Ada pengaruh positif dan signifikan
antara motivasi belajar dengan prestasi belajar sebesar 16,40% (rx2y = 0,405; sig < 0,05; thitung
= 3,191). Ada pengaruh positif dan signifikan antara interaksi sosial keluarga dan motivasi
belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar sebesar 18,00% dengan (R) = 0,425; (R2)
= 0,180; Fhitung sebesar 8,246; sig = <0,05, dan sisanya 82,00% dipengaruhi variabel lain yang
tidak diteliti.