Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015

Show simple item record

dc.contributor.author Kamal, Muchamad
dc.date.accessioned 2018-02-14T03:50:36Z
dc.date.available 2018-02-14T03:50:36Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2671
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara interaksi sosial keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo. (2) apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo. (3) apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara interaksi sosial lingkungan dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 104 siswa diambil sampel 78 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumen dan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa prestasi belajar berada pada kategori cukup dengan persentase 39,74%, sedangkan untuk interaksi sosial keluarga tergolong tinggi dengan persentase 60,25%, sedangkan untuk motivasi belajar tergolong tinggi dengan persentase 60,25%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara interaksi sosial keluarga dengan prestasi belajar sebesar 17,89% (rx1y = 0,423; sig < 0,05; thitung = 4,041). Ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar sebesar 16,40% (rx2y = 0,405; sig < 0,05; thitung = 3,191). Ada pengaruh positif dan signifikan antara interaksi sosial keluarga dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar sebesar 18,00% dengan (R) = 0,425; (R2) = 0,180; Fhitung sebesar 8,246; sig = <0,05, dan sisanya 82,00% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, prestasi belajar en_US
dc.title Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account