Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh yang
positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa
pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 10 Purworejo. (2) ada
tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 10
Purworejo. (3) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara
lingkungan keluarga dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestosi
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 10 Purworejo.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh
Isaac dan Michaeldengan taraf kesalahan 5% dari populasi 170 siswa diambil
sampel 114 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumen dan
metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa lingkungan keluarga
berada pada kategori rendah dengan persentase 42,10%, sedangkan untuk minat
belajar tergolong rendah dengan persentase 42,98%, dan untuk prestasi belajar
berada pada kategori cukup dengan persentase 89,47%. Berdasarkan analisis
kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara
lingkungan keluarga dengan prestasi belajar sebesar 21,90%; (thitung = 5,572; sig <
0,05). Ada pengaruh positif dan signifikan antara minat dengan prestasi belajar
sebesar 5,47%.; (thitung = 2,532; sig < 0,05). Ada pengaruh positif dan signifikan
antara lingkungan keluarga dan minat secara bersama-sama terhadap prestasi
belajar dengan persamaan regresi = 61,121+ 0,317 + 0, 139.