Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Antara Lingkungan Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 10 Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Astuti, Rizki Nugrahing
dc.date.accessioned 2018-02-14T03:57:54Z
dc.date.available 2018-02-14T03:57:54Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2674
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 10 Purworejo. (2) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 10 Purworejo. (3) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestosi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 10 Purworejo. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michaeldengan taraf kesalahan 5% dari populasi 170 siswa diambil sampel 114 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumen dan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa lingkungan keluarga berada pada kategori rendah dengan persentase 42,10%, sedangkan untuk minat belajar tergolong rendah dengan persentase 42,98%, dan untuk prestasi belajar berada pada kategori cukup dengan persentase 89,47%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar sebesar 21,90%; (thitung = 5,572; sig < 0,05). Ada pengaruh positif dan signifikan antara minat dengan prestasi belajar sebesar 5,47%.; (thitung = 2,532; sig < 0,05). Ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan minat secara bersama-sama terhadap prestasi belajar dengan persamaan regresi 􀜻 = 61,121+ 0,317􀜺􀬵 + 0, 139􀜺􀬶. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject lingkungan, minat, prestasi en_US
dc.title Pengaruh Antara Lingkungan Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 10 Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account