dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada tidaknya Hubungan
Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Siswa Kelas XI SMK YPP
Purworejo. 2) Ada tidaknya Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas
Siswa Kelas XI SMK YPP Purworejo. 3) Ada tidaknya Hubungan Fasilitas
Belajar dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Siswa
Kelas Siswa Kelas XI SMK YPP Purworejo.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh
Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 166 siswa diambil
sampel 83 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan
metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar siswa
berada pada kategori cukup 50,60%, minat belajar berada pada kategori cukup
sebesar 43,39% dan fasilitas belajar berada pada kategori cukup sebesar 50,60%.
Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa variabel fasilitas belajar
dengan pencapaian hasil belajar memberi hubungan yang positif dan signifikan.
Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,240 setelah di uji
dengan uji t diketahui thitung = 2.209 dengan sig = < 0,05 Hubungan fasilitas
belajar terhadap hasil belajar sebesar r2 = 0,057 atau 5,70%. Variabel minat belajar
terhadap hasil belajar memberi hubungan yang positif dan signifikan. Hal ini
ditunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,221 setelah di uji dengan uji t
diketahui thitung sebesar t = 1,856 dengan sig <0,05 hubungan minat belajar
terhadap hasil belajar sebesar 0,048 = 4,80%. Dan hasil belajar memberi
hubungan yang positif dan signifikan terhadap Hubungan Fasilitas Belajar dan
Minat Belajar SMK YPP Purworejo. Hasil perhitungan analisis regresi ganda
diperoleh koefisien berganda (R) sebesar 0,247 (Fhitung sebesar 2,601 dengan sig <
0,05) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,061 maka sumbangan efektif yang
diberikan oleh Fasilitas Belajar dan Minat Belajar secara bersama-sama hal ini
berarti 6,10% hal ini berarti 93,90% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. |
en_US |