Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Hubungan Fasilitas Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI SMK YPP Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Hidayat, Ryan Anggoro
dc.date.accessioned 2018-02-14T04:00:07Z
dc.date.available 2018-02-14T04:00:07Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2675
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada tidaknya Hubungan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Siswa Kelas XI SMK YPP Purworejo. 2) Ada tidaknya Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Siswa Kelas XI SMK YPP Purworejo. 3) Ada tidaknya Hubungan Fasilitas Belajar dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Siswa Kelas XI SMK YPP Purworejo. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 166 siswa diambil sampel 83 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar siswa berada pada kategori cukup 50,60%, minat belajar berada pada kategori cukup sebesar 43,39% dan fasilitas belajar berada pada kategori cukup sebesar 50,60%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa variabel fasilitas belajar dengan pencapaian hasil belajar memberi hubungan yang positif dan signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,240 setelah di uji dengan uji t diketahui thitung = 2.209 dengan sig = < 0,05 Hubungan fasilitas belajar terhadap hasil belajar sebesar r2 = 0,057 atau 5,70%. Variabel minat belajar terhadap hasil belajar memberi hubungan yang positif dan signifikan. Hal ini ditunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,221 setelah di uji dengan uji t diketahui thitung sebesar t = 1,856 dengan sig <0,05 hubungan minat belajar terhadap hasil belajar sebesar 0,048 = 4,80%. Dan hasil belajar memberi hubungan yang positif dan signifikan terhadap Hubungan Fasilitas Belajar dan Minat Belajar SMK YPP Purworejo. Hasil perhitungan analisis regresi ganda diperoleh koefisien berganda (R) sebesar 0,247 (Fhitung sebesar 2,601 dengan sig < 0,05) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,061 maka sumbangan efektif yang diberikan oleh Fasilitas Belajar dan Minat Belajar secara bersama-sama hal ini berarti 6,10% hal ini berarti 93,90% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject Hasil Belajar, Fasilitas Belajar, Minat Belajar en_US
dc.title Hubungan Fasilitas Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI SMK YPP Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account