dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh positif
dan signifikan dalam penerapan ganjaran terhadap motivasi belajar siswa kelas
VIII SMP Negeri 4 Kebumen. (2) ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan
hukuman terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen.(3)
ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan ganjaran dan hukuman secara
bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4
Kebumen.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh
Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 250 siswa diambil
sampel 146 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumen dan
metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa ganjaran berada pada
kategori kurang baik dengan persentase 41,09 %, sedangkan untuk hukuman
tergolong kategori kurang baik dengan persentase 39,04 %, sedangkan untuk
motivasi belajar juga berada pada kategori kurang baik dengan persentase
41,78%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh
positif dan signifikan antara ganjaran dengan motivasi belajar sebesar 50,26%;
(thitung 12,035; sig. < 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara
hukuman dengan motivasi belajar sebesar 17,89%; ( thitung 5,578; sig. < 0,05).
Ada pengaruh positif dan signifikan antara ganjaran dan hukuman secara
bersama-sama terhadap motivasi belajar dengan Fhitung 1455,264; sig. < 0,05.
Koefisien regresi (R) sebesar 0,976; RSquare sebesar 0,953; sig. < 0,05. Ada
pengaruh positif dan signifikan sebesar 95,30%, sisanya 4,70% dipengaruhi
variabel lain yang tidak diteliti dengn persamaan regresi Y= 10,425 + 0,517X1 +
0,229X2. |
en_US |