Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Ganjaran dan Hukuman terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen

Show simple item record

dc.contributor.author Khilwa, Sabda Maulidatul
dc.date.accessioned 2018-02-14T04:04:22Z
dc.date.available 2018-02-14T04:04:22Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2676
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan dalam penerapan ganjaran terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen. (2) ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan hukuman terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen.(3) ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan ganjaran dan hukuman secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 250 siswa diambil sampel 146 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumen dan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa ganjaran berada pada kategori kurang baik dengan persentase 41,09 %, sedangkan untuk hukuman tergolong kategori kurang baik dengan persentase 39,04 %, sedangkan untuk motivasi belajar juga berada pada kategori kurang baik dengan persentase 41,78%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara ganjaran dengan motivasi belajar sebesar 50,26%; (thitung 12,035; sig. < 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara hukuman dengan motivasi belajar sebesar 17,89%; ( thitung 5,578; sig. < 0,05). Ada pengaruh positif dan signifikan antara ganjaran dan hukuman secara bersama-sama terhadap motivasi belajar dengan Fhitung 1455,264; sig. < 0,05. Koefisien regresi (R) sebesar 0,976; RSquare sebesar 0,953; sig. < 0,05. Ada pengaruh positif dan signifikan sebesar 95,30%, sisanya 4,70% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dengn persamaan regresi Y= 10,425 + 0,517X1 + 0,229X2. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject ganjaran, hukuman, motivasi belajar en_US
dc.title Pengaruh Ganjaran dan Hukuman terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account