dc.description.abstract |
Tujuan Penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara pergaulan dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Mirit Kebumen tahun Pelajaran 2013/2014 baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pergaulan dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Mirit Kebumen tahun Pelajaran 2013/2014 baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X1 siswa SMA Negeri 1 Mirit Kebumen tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 55 siswa. Berdasarkan tabel Krecjie sampel penelitian ini berjumlah 48 siswa, teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket dan dokumentai Analisis data dilakukan secara deskriftif dan kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa presentasi tertinggi untuk pergaulan pada kategori cukup yaitu 56,25% , perhatian orang tua pada kategori cukup yaitu 52,08%, dan prestasi belajar siswa dalam kategori baik yaitu 66,67%. Dari hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pergaulan terhadap prestasi belajar siswa,( rx1y = 0,803, rx1y2 = 0,644 dengan sig 0,000 < 0,05; t : 9,053), dan besar sumbangan 64,40%, ada pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa,( rx2y = 0,846, rx2y2= 0,715 dengan sig 0,000 < 0,05; t : 10,663), dan sumbangan 71,50% dan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pergaulan dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa, dengan harga F =158,981 dan sig < 0,05 (0,000). Harga R= 0,936 dan R2 = 0,876 sehingga besar sumbangannya 87,60%, dan 12,40% dipengaruhi oleh faktor lain. |
en_US |