Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara media pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMK Negeri 7 Purworejo. (2) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara intensitas dukungan keluarga terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMK Negeri 7 Purworejo. (3) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara media pembelajaran dan intensitas dukungan keluarga secara bersama-sama terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMK Negeri 7 Purworejo.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel Kerjcie dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 64 siswa diambil sampel 54 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis dokumen dan metode angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa media pembelajaran tergolong cukup dengan persentase 53,70%, intensitas dukungan keluarga tergolong cukup dengan persentase 61,11%, dan hasil belajar akuntansi tergolong cukup dengan persentase 48,15%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara media pembelajaran dengan hasil belajar sebesar (rx1y = 0,811;sig < 0,05). (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara intensitas dukungan keluarga dengan hasil belajar sebesar (rx2y = 0,873;sig < 0,05). (3) ada pengaruh positif dan signifikan antara media pembelajaran dan intensitas dukungan keluarga secara bersama-sama terhadap hasil belajar sebesar (Fhitung =152,945;sig < 0,05. (4) adjust Rsquare = 0,851 berati ada pengaruh yang positif sebesar 85,10%.