dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya
peningkatan motivasi belajar siswa setelah diterapkannya penerapan model
pembelajaran Numbered Heads Together pada materi pembangunan
ekonomiuntuk kelas IX IPS di SMA N 1 Kutowinangun Kabupaten Kebumen.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam dua siklus, masing-masing silkus terdiri dari empat tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Penelitian ini menggunakan
metode pembelajaran Numbered Heads Together. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan angket motivasibelajar siswa, lembar observasi,
dan dokumentasi. Data dianalisis sejak penelitian dimulai dan dikembangkan
selama proses refleksi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan
persentase motivasi belajar dan rerata hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami
peningkatan pada tiap siklus. Pada siklus I motivasi belajar siswa sebesar 67%
mengalami peningkatan sebesar 4% dari sebelum adanya tindakan kelas yaitu
63%, sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa sebesar 82% mengalami
peningkatan sebesar 15% dari siklus I. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada
siklus I sebesar 77% dengan rata- rata 78, dan siklus II hasil belajar siswa sebesar
90% meningkat 13% dari siklus I, dengan rata- rata 81. |
en_US |