Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya : (1) dampak
kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan
siswa SMK Negeri 8 Purworejo, (2) dampak fasilitas belajar siswa terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan siswa SMK Negeri 8 Purworejo,
(3) dampak motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran kewirausahaan siswa SMK Negeri 8 Purworejo, (4) dampak kompetensi
guru, fasilitas belajar siswa dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan siswa SMK
Negeri 8 Purworejo.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh
Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 288 siswa diambil
sampel 158 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumen dan
metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan analisis kuantitatif meliputi uji T dan uji F. Berdasarkan analisis
deskriptif menunjukkan bahwa kompetensi guru berada pada kategori tinggi
dengan prosentase 64,55% sebanyak 102 siswa, sedangkan untuk fasilitas belajar
siswa tergolong pada kategori tinggi dengan prosentase 43,67% sebanyak 69
siswa, sedangkan untuk motivasi belajar siswa tergolong pada kategori sangat
tinggi dengan prosentase 86,07% sebanyak 136 siswa, sedangkan untuk hasil
belajar siswa tergolong baik dengan prosentase 98,73% sebanyak 156 siswa.
Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada dampak positif
dan signifikan antara kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran kewirausahaan siswa SMK N 8 Purworejo sebesar 1,63%; thitung = 1,59
dengan sig= 0,011; sig <0,05. Ada dampak positif dan signifikan antara fasilitas
belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan
siswa SMK N 8 Purworejo sebesar 2,72%; thitung = 2,07 dengan sig= 0,040; sig
<0,05. Ada dampak positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan siswa SMK N 8 Purworejo
sebesar 2,75%; thitung = 2,08 dengan sig= 0,030; sig <0,05. Ada dampak positif dan
signifikan antara kompetensi guru, fasilitas belajar siswa dan motivasi belajar
siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
kewirausahaan siswa SMK N 8 Purworejo sebesar 16,40%; fhitung 10,09 dengan
sig= 0,00; sig <0,05, sedangkan 83,60% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak
diteliti. Y = 63,444 + 0,045 X1 + 0,053 X2 + 0,078 X3