Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Ada tidaknya Pengaruh Motivasi Belajar
dan Instrumen Pembelajaran Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Mata Pelajaran
Kewirausahaan Siswa SMKN 3 Purworejo.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan
Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 30 siswa diambil sampel 28 siswa.
Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode angket atau kuesioner dametode dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar siswa berada pada
kategori cukup 42,85%, motivasi belajar berada pada kategori 46,42% dan instrumen
pembelajaran berada pada kategori cukup sebesar 39,29%. Berdasarkan analisis kuantitatif
menunjukkan bahwa hasil belajar memberi pengaruh yang positif dan signifikan dengan
motivasi belajar dan instrumen pembelajaran siswa SMKN 3 Purworejo Tahun Pelajaran
2013/2014. Hasil perhitungan analisis regresi ganda diperoleh koefisien regresi sebesar
0,278(Fhitung sebesar 12,077 dengan sig 0,001 < 0,05) dan koefisien determinasi (R2) sebesar
0,077maka sumbangan yang diberikan oleh motivasi belajar dan instrument pembelajaran
sebesar 7,70% hal ini berarti 92,30% dipengaruhi faktor lain. Persamaan regresi Y = 86,000 +
0,315 X1+ 0,338 X2 dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.