Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh yang
positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap minat untuk
melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 6 Purworejo. (2) ada
tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara prestasi belajar terhadap
minat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 6
Purworejo. (3) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara
kecerdasan emosional dan prestasi belajar secara bersama-sama terhadap minat
untuk melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 6 Purworejo. (4)
besarnya pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan
prestasi belajar secara bersama-sama terhadap minat untuk melanjutkan ke
perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 6 Purworejo.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh
Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 190 siswa diambil
sampel 123 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumen dan
metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa kecerdasan emosional
berada pada kategori tinggi sebesar 75 (60,97%), prestasi belajar pada umumnya
berada pada kategori sangat tinggi sebesar 93 (75,60%) dan minat melanjutkan ke
perguruan tinggi pada kategori tinggi sebesar 60 (48,78%). Berdasarkan analisis
kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara
kecerdasan emosional dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan ke
perguruan tinggi siswa SMA Negeri 6 Purworejo dengan persamaan regresi Y =
40,232 +0,353X1+0,234X2 dan harga koefisien regresi sebesar 0,430 dengan sig <
0,05 dan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional
dengan minat melanjutkan ke perguruan tinggi diperoleh t = 4,113 dengan
signifikan 0,000<0,05 dengan pengaruh sebesar 12,3% dan ada pengaruh yang
positif dan signifikan antara prestasi belajar dengan minat melanjutkan ke
perguruan tinggi diperoleh t = 3,893 dengan signifikan 0,000<0,05 dengan
pengaruh sebesar 11,2%. Kecerdasan emosional dan prestasi belajar terhadap
minat melanjutkan ke perguruan tinggi secara bersama-sama memberikan
pengaruh yang positif dan signifikan nilai Fhitung sebesar 13,595 dengan sig =
0,000 karena sig = 0,000 < 0,05 dengan pengaruh sebesar 18,5%.