Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Emotional Quotient ( EQ ) dan Prestasi Belajar terhadap Minat Untuk Melanjutkan ke Perguruan Tinggi pada Siswa SMA Negeri 6 Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Latifah
dc.date.accessioned 2018-02-14T04:26:40Z
dc.date.available 2018-02-14T04:26:40Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2692
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap minat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 6 Purworejo. (2) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara prestasi belajar terhadap minat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 6 Purworejo. (3) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar secara bersama-sama terhadap minat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 6 Purworejo. (4) besarnya pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar secara bersama-sama terhadap minat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 6 Purworejo. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 190 siswa diambil sampel 123 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumen dan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berada pada kategori tinggi sebesar 75 (60,97%), prestasi belajar pada umumnya berada pada kategori sangat tinggi sebesar 93 (75,60%) dan minat melanjutkan ke perguruan tinggi pada kategori tinggi sebesar 60 (48,78%). Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi siswa SMA Negeri 6 Purworejo dengan persamaan regresi Y = 40,232 +0,353X1+0,234X2 dan harga koefisien regresi sebesar 0,430 dengan sig < 0,05 dan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan minat melanjutkan ke perguruan tinggi diperoleh t = 4,113 dengan signifikan 0,000<0,05 dengan pengaruh sebesar 12,3% dan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara prestasi belajar dengan minat melanjutkan ke perguruan tinggi diperoleh t = 3,893 dengan signifikan 0,000<0,05 dengan pengaruh sebesar 11,2%. Kecerdasan emosional dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan nilai Fhitung sebesar 13,595 dengan sig = 0,000 karena sig = 0,000 < 0,05 dengan pengaruh sebesar 18,5%. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject kecerdasan emosional, prestasi belajar, minat melanjutkan ke perguruan tinggi en_US
dc.title Pengaruh Emotional Quotient ( EQ ) dan Prestasi Belajar terhadap Minat Untuk Melanjutkan ke Perguruan Tinggi pada Siswa SMA Negeri 6 Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account