Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada tidaknya Pengaruh
Lingkungkan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA
Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. 2) Ada tidaknya
Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA
Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. 3) Ada tidaknya
Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama
terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo Tahun
Pelajaran 2013/2014.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh
Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 100 siswa diambil
sampel 78 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan
metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa
berada pada kategori cukup 52,56%, lingkungan sekolah berada pada kategori
cukup sebesar 51,25% dan lingkungan keluarga berada pada kategori cukup
sebesar 44,85%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa variabel
lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar memberi pengaruh yang positif dan
signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan sebesar 0,423 dengan thitung = 4,041 sig
= 0,000 < 0,05. Pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar sebesar
(0,423)2 = 0,178 atau 17,80%. Variabel lingkungan keluarga terhadap prestasi
belajar memberi pengaruh yang positif dan signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan
sebesar 0,405 dengan thitung = 3,191 sig = 0,000 < 0,05. Pengaruh lingkungan
keluarga terhadap prestasi belajar mendapat sumbangan efektif sebesar (0,405)2 =
0,164 atau 16,40%. Dan hasil belajar memberi pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap pengaruh lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga SMA
Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Hasil perhitungan
analisis regresi ganda diperoleh koefisien regresi sebesar 0,425 (Fhitung sebesar
8,246 dengan sig 0,001 < 0,05) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,180 maka
sumbangan efektif yang diberikan oleh lingkungan sekolah dan lingkungan
keluarga secara bersama-sama hal ini berarti 82% dipengaruhi faktor lain yang
tidak diteliti. Analisis kuantitatif Persamaan regresi Y = 66,182 + 0,624 X1 +
0,603 X2 dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.