Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Asngari, Mansur
dc.date.accessioned 2018-02-14T04:28:07Z
dc.date.available 2018-02-14T04:28:07Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2693
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada tidaknya Pengaruh Lingkungkan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. 2) Ada tidaknya Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. 3) Ada tidaknya Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 100 siswa diambil sampel 78 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa berada pada kategori cukup 52,56%, lingkungan sekolah berada pada kategori cukup sebesar 51,25% dan lingkungan keluarga berada pada kategori cukup sebesar 44,85%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa variabel lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar memberi pengaruh yang positif dan signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan 􀝎􀯫􀰭􀯬 sebesar 0,423 dengan thitung = 4,041 sig = 0,000 < 0,05. Pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar sebesar (0,423)2 = 0,178 atau 17,80%. Variabel lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar memberi pengaruh yang positif dan signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan 􀝎􀯫􀰮􀯬 sebesar 0,405 dengan thitung = 3,191 sig = 0,000 < 0,05. Pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar mendapat sumbangan efektif sebesar (0,405)2 = 0,164 atau 16,40%. Dan hasil belajar memberi pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengaruh lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga SMA Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Hasil perhitungan analisis regresi ganda diperoleh koefisien regresi sebesar 0,425 (Fhitung sebesar 8,246 dengan sig 0,001 < 0,05) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,180 maka sumbangan efektif yang diberikan oleh lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga secara bersama-sama hal ini berarti 82% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Analisis kuantitatif Persamaan regresi Y = 66,182 + 0,624 X1 + 0,603 X2 dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject Prestasi Belajar, Lingkungan Sekolah, Lingkungan Keluarga en_US
dc.title Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account