Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : (1) ada tidaknya pengaruh
positif dan signifikan antara bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar di MTs
GUPPI Ambal Kebumen, (2) ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara
minat belajar terhadap prestasi belajar di MTs GUPPI Ambal Kebumen, ( 3) ada
tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara bimbingan orang tua dan minat
belajar secara bersama – sama terhadap prestasi belajar di MTs GUPPI Ambal
Kebumen.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs GUPPI Ambal
Kebumen dalam Tahun pelajaran 2013 / 2014 yang berjumlah 180 siswa. Dari
populasi yang berjumlah 180 siswa tersebut diambil 92 siswa sebagai sampel yang
diambil berdasarkan tabel krejcie. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linier
berganda.
Dari hasil analisis data diketahui bahwa bimbingan orang tua berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS
dengan harga koefisien korelasi rx1y = 0,651 dan sig < 0,05 ( 0,000 ). Besarnya rx1y
2
= 0,424 sehingga sumbangan efektifnya 42,4 %. Minat belajar berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS dengan harga rx2y = 0,298 dan sig
< 0,05 ( 0,004 ). Besarnya rx2y
2 = 0,080 sehingga sumbangan efektifnya 8,9%. Dari
hasil analisa diketahui pula bahwa bimbingan orang tua dan minat belajar secara
bersama – sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi
belajar IPS yang ditunjukkan dengan nilai F sebesar 162,454 sig < 0,05 ( 0,000 ).
Harga R – 0,886 dan R2 = 0,785 sehingga secara bersama – sama memberika
sumbangan sebesar 78,5 % terhadap prestasi belajar IPS dan sisanya sebesar 21,5%
merupakan sumbangan faktor lain yang tidak diteliti.