Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Siswa MTs GUPPI Ambal Kebumen

Show simple item record

dc.contributor.author Pujianto
dc.date.accessioned 2018-02-14T04:29:24Z
dc.date.available 2018-02-14T04:29:24Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2695
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : (1) ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar di MTs GUPPI Ambal Kebumen, (2) ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar di MTs GUPPI Ambal Kebumen, ( 3) ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara bimbingan orang tua dan minat belajar secara bersama – sama terhadap prestasi belajar di MTs GUPPI Ambal Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs GUPPI Ambal Kebumen dalam Tahun pelajaran 2013 / 2014 yang berjumlah 180 siswa. Dari populasi yang berjumlah 180 siswa tersebut diambil 92 siswa sebagai sampel yang diambil berdasarkan tabel krejcie. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Dari hasil analisis data diketahui bahwa bimbingan orang tua berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS dengan harga koefisien korelasi rx1y = 0,651 dan sig < 0,05 ( 0,000 ). Besarnya rx1y 2 = 0,424 sehingga sumbangan efektifnya 42,4 %. Minat belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS dengan harga rx2y = 0,298 dan sig < 0,05 ( 0,004 ). Besarnya rx2y 2 = 0,080 sehingga sumbangan efektifnya 8,9%. Dari hasil analisa diketahui pula bahwa bimbingan orang tua dan minat belajar secara bersama – sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS yang ditunjukkan dengan nilai F sebesar 162,454 sig < 0,05 ( 0,000 ). Harga R – 0,886 dan R2 = 0,785 sehingga secara bersama – sama memberika sumbangan sebesar 78,5 % terhadap prestasi belajar IPS dan sisanya sebesar 21,5% merupakan sumbangan faktor lain yang tidak diteliti. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject Bimbingan Orang Tua, Minat Belajar, Prestasi Belajar en_US
dc.title Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Siswa MTs GUPPI Ambal Kebumen en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account