dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh motivasi belajar
dan sosial ekonomi keluarga terhadap kesiapan kerja siswa SMK Batik
Purworejo, (2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kesiapan kerja
siswa SMK Batik Purworejo, (3) Mengetahui pengaruh sosial ekonomi keluarga
terhadap kesiapan kerja siswa SMK Batik Purworejo, (4) Untuk mengetahui
variabel mana yang dominan mempengaruhi kesiapan kerja siswa SMK Batik
Purworejo.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMK Batik Purworejo
sebanyak 45 orang. Berdasarkan tabel Krecjie diperoleh sampel 40 orang. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Analisis data yang
digunakan adalah analisis kualitatif deskriptip dengan menyajikan data berupa
klasifikasi katagori tanggapan responden terhadap variabel kesiapan kerja,
motivasi belajar dan sosial ekonomi keluarga. Penyajian dengan tabel dan
diagram. Selain analisis kualitatif juga dianalisis kuantitatif dengan rumus regresi
linear berganda.
Berdasarkan hasil analisis kuantitatif maka hasil pengujian hipotesis 1,
hipotesis 2 dan hipotesis 3 dapat diambil kesimpulan bahwa motivasi belajar dan
sosial ekonomi keluargabaik secara bersamaan maupun secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa SMK
BatikPurworejo (Sig < 0,05). Hipotesis 4 tidak diterima karena ternyata koefisien
regresi untuk variabel sosial ekonomi keluarga (0.556) lebih besar dari pada
koefisien regresi variabel motivasi belajar (0.391). Dengan demikian hipotesis 1,
2, 3diterima, sedangkan hipotesis 4 ditolak. |
en_US |