Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Lingkungan Belajar
terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Temon Tahun
Ajaran 2013/2014, (2) pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar
siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Temon Tahun Ajaran 2013/2014, (3)
pengaruh Lingkungan Belajar dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama
terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Temon Tahun
Ajaran 2013/2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 1 Temon tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 113 siswa.
Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Uji coba
instrumen dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Temon. Uji validitas
menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan untuk uji reliabilitas
dengan menggunakan rumus koefisien alpha cronbach. Uji prasyarat analisis
menggunakan uji linearitas dan multikolinearitas. Analisis regresi sederhana
digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat
secara sendiri-sendiri, sedangkan pengaruh kedua variabel bebas terhadap variabel
terikat menggunakan analisis regresi ganda dua prediktor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan
signifikan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar, hal ini ditunjukkan
dengan nilai rx1y sebesar 0,447, nilai r2
x1y sebesar 0,228, dan harga thitung 5,719
lebih besar dari ttabel 1,980; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan
Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar, hal ini ditunjukkan dengan nilai
rx2y sebesar 0,412, nilai r2
x2y sebesar 0,170, dan harga thitung 4,763 lebih besar dari
ttabel 1,980; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Belajar dan
Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 1 Temon Tahun Ajaran 2013/2014, ditunjukkan dengan nilai
Ry(1,2) sebesar 0,547, nilai R2
y(1,2) sebesar 0,299, dan harga Fhitung 23,457 lebih
besar dari Ftabel 3,09, serta persamaan garis regresi Y=0,287X1+0,226X2+48,754.
Dengan demikian keseluruhan hasil analisis ini mendukung hipotesis yang
diajukan.