Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Temon Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Wijayanto, Dwi Fajar
dc.date.accessioned 2018-02-14T04:35:08Z
dc.date.available 2018-02-14T04:35:08Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2698
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Temon Tahun Ajaran 2013/2014, (2) pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Temon Tahun Ajaran 2013/2014, (3) pengaruh Lingkungan Belajar dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Temon Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Temon tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 113 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Temon. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan untuk uji reliabilitas dengan menggunakan rumus koefisien alpha cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linearitas dan multikolinearitas. Analisis regresi sederhana digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara sendiri-sendiri, sedangkan pengaruh kedua variabel bebas terhadap variabel terikat menggunakan analisis regresi ganda dua prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar, hal ini ditunjukkan dengan nilai rx1y sebesar 0,447, nilai r2 x1y sebesar 0,228, dan harga thitung 5,719 lebih besar dari ttabel 1,980; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar, hal ini ditunjukkan dengan nilai rx2y sebesar 0,412, nilai r2 x2y sebesar 0,170, dan harga thitung 4,763 lebih besar dari ttabel 1,980; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Temon Tahun Ajaran 2013/2014, ditunjukkan dengan nilai Ry(1,2) sebesar 0,547, nilai R2 y(1,2) sebesar 0,299, dan harga Fhitung 23,457 lebih besar dari Ftabel 3,09, serta persamaan garis regresi Y=0,287X1+0,226X2+48,754. Dengan demikian keseluruhan hasil analisis ini mendukung hipotesis yang diajukan. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject lingkungan belajar, kemandirian belajar, prestasi belajar en_US
dc.title Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Temon Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account