Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh antara motivasi
belajar dengan prestasi belajar IPS pada kelas VIII SMP Negeri 25 Purworejo, (2)
mengetahui pengaruh antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar IPS pada
kelas VIII SMP Negeri 25 Purworejo, (3) mengetahui pengaruh antara sikap
belajar dengan prestasi belajar IPS pada kelas VIII SMP Negeri 25 Purworejo, (4)
mengetahui pengaruh secara bersama-sama antara motivasi lingkungan dan
sikapbelajar terhadap prestasi belajar pada kelas VIII SMP Negeri 25 Purworejo.
Populasi dalam penelitian ini sebesar 120 siswa, berdasar tabel penentuan
jumlah sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 5% adalah 89. Teknik
penganbilan sampel menggunakan teknik simple random sampling metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuisioner dan dokumentasi.
Unutk menganalisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Uji
instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif, menunjukan bahwa motivasi belajar
kelas VIII SMP Negeri 25 Purworejo sebesar 61,80% termasuk kategori sedang,
lingkungan belajar kelas VIII SMP Negeri 25 Purworejo sebesar 69,66%
termasuk kategori sedang, sikap belajar kelas VIII SMP Negeri 25 Purworejo
sebesar 62,92% termasuk kategori sedang, dan prestasi belajar siswa kelas VIII
SMP Negeri 25 Purworejo sebesar 59,55% baik. Berdasarkan anailisis kuantitatif
menunjukan bahwa variabel motivasi belajar secara positif dan signifikan
mempengaruhi prestasi belajar siswa dengan signifikan 0,009 < 0,05. Ada
pengaruh yang positif bdan signifikan dari variiabel lingkungan belajar terhadap
prestasi belajar siswa dengan signifikan 0,017 < 0,05. Ada pengaruh yang positif
dan signifikan dari variiabel sikap belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan
signifikan 0,020 < 0,05. Hasil analisis regresi ganda diperoleh koefisien regresi(R)
sebesar 0,780 (F = 43,898 : sig 0,000 < 0,05) berarti ada pengaruh yang positif
dan signifikan antara motivasi, lingkungan dan sikap belajar secara bersama-sama
terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,608.
Sehingga besarnya sumbangan variabel motivasi, lingkungan dan sikap belajar
secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 60,8% dan
39,2% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y = 49,086
+ 0,467X1 + 0,429X2 + 0,441X3 dengan demikian hipotesis yang diajukan
diterima