Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh motivasi, lingkungan dan sikap belajar terhadap prestasi siswa kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author E, Ardian Dwi
dc.date.accessioned 2018-02-14T04:37:52Z
dc.date.available 2018-02-14T04:37:52Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2701
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS pada kelas VIII SMP Negeri 25 Purworejo, (2) mengetahui pengaruh antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar IPS pada kelas VIII SMP Negeri 25 Purworejo, (3) mengetahui pengaruh antara sikap belajar dengan prestasi belajar IPS pada kelas VIII SMP Negeri 25 Purworejo, (4) mengetahui pengaruh secara bersama-sama antara motivasi lingkungan dan sikapbelajar terhadap prestasi belajar pada kelas VIII SMP Negeri 25 Purworejo. Populasi dalam penelitian ini sebesar 120 siswa, berdasar tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 5% adalah 89. Teknik penganbilan sampel menggunakan teknik simple random sampling metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuisioner dan dokumentasi. Unutk menganalisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, menunjukan bahwa motivasi belajar kelas VIII SMP Negeri 25 Purworejo sebesar 61,80% termasuk kategori sedang, lingkungan belajar kelas VIII SMP Negeri 25 Purworejo sebesar 69,66% termasuk kategori sedang, sikap belajar kelas VIII SMP Negeri 25 Purworejo sebesar 62,92% termasuk kategori sedang, dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Purworejo sebesar 59,55% baik. Berdasarkan anailisis kuantitatif menunjukan bahwa variabel motivasi belajar secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar siswa dengan signifikan 0,009 < 0,05. Ada pengaruh yang positif bdan signifikan dari variiabel lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan signifikan 0,017 < 0,05. Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari variiabel sikap belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan signifikan 0,020 < 0,05. Hasil analisis regresi ganda diperoleh koefisien regresi(R) sebesar 0,780 (F = 43,898 : sig 0,000 < 0,05) berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi, lingkungan dan sikap belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,608. Sehingga besarnya sumbangan variabel motivasi, lingkungan dan sikap belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 60,8% dan 39,2% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y = 49,086 + 0,467X1 + 0,429X2 + 0,441X3 dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject Motivasi, Lingkungan, Sikap Belajar, Prestasi Siswa en_US
dc.title Pengaruh motivasi, lingkungan dan sikap belajar terhadap prestasi siswa kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account