Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) langkah-langkah
penggunaan media tajuk rencana dalam pembelajaran menulis argumentasi; (2)
pengaruh penggunaan media tajuk rencana terhadap perilaku siswa dalam pembelajaran
menulis argumentasi; (3) peningkatan kemampuan menulis argumentasi setelah
mengikuti pembelajaran menulis argumentasi menggunakan media tajuk rencana. .
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, adalah sebuah penelitian
yang dilakukan di kelas, Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP
Negeri 1 Sapuran tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 siswa.Penelitian tindak
kelas dilaksanakan dalam dua siklus, yang pada masing-masing siklus terdiri dari tahap
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Dalam pengumpulan data penelitian,
penulis menggunakan teknik tes dan nontes.Teknik tes berupa menulis argumentasi
menggunakan media tajuk rencana.Teknik nontes berupa hasil observasi, jurnal dan
dokumentasi foto.Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif.Teknik
penyajian hasil analisis dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik penyajian
informal yaituperumusan menggunakan kata-kata biasa.
Dari hasil analisis disimpulkan bahwa langkah-langkah pembelajaran menulis
argumentasi menggunakan media tajuk rencana sebagai berikut: (a) guru memberikan
pengantar teknik pembelajaran menulis argumentasi dengan menggunakan media tajuk
rencana; (b) guru memberikan tajuk rencana pada siswa untuk dicermati dengan teliti;
(c) siswa kemudian menentukan tema dan tujuan menulis argumentasi; (d) diharapkan
siswa dapat memperoleh bahan untuk membuat argumentasi; (e) siswa kemudian
menentukan penanda opini pada tajuk rencana agar memudahkan membuat argumentasi
(f) waktu yang disediakan kurang lebih 80 menit; (g) setelah siswa selesai menulis, guru
bertanya tentang kesulitan yang dihadapi siswa; (h) guru merefleksikan kegiatan
pembelajaran yang berlangsung. Hasil dari siklus I dan siklus II menunjukan bahwa
pembelajaran menulis argumentasi menggunakan media tajuk rencana meningkatkan
motivasi belajar siswa, memperbesar minat dan perhatian siswa dalam menulis
argumentasi, keaktifan dan sikap atau perilaku siswa selama proses pembelajaran juga
mengalami perubahan positif sebesar 13% dari siklus I 83% dan disiklus II menjadi
96,3%. Pembelajaran menulis argumentasi dengan media tajuk rencana pada siswa kelas
VII E SMP 1 Sapuran dari tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II selalu mengalami
peningkatan. Pada prasiklus niali rata-rata menunjukan 60,8 yang tergolomg kurang,
pada siklus I meningkat menjadi 74,14 tergolong cukup, dan meningkat kembali pada
siklus II menjadi 77,52 termasuk kategori baik.