Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI MENGGUNAKAN MEDIA TAJUK RENCANA SISWA KELAS VII SMP N 1 SAPURAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Yuliani, Rini
dc.date.accessioned 2018-02-14T04:51:11Z
dc.date.available 2018-02-14T04:51:11Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2705
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) langkah-langkah penggunaan media tajuk rencana dalam pembelajaran menulis argumentasi; (2) pengaruh penggunaan media tajuk rencana terhadap perilaku siswa dalam pembelajaran menulis argumentasi; (3) peningkatan kemampuan menulis argumentasi setelah mengikuti pembelajaran menulis argumentasi menggunakan media tajuk rencana. . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, adalah sebuah penelitian yang dilakukan di kelas, Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sapuran tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 siswa.Penelitian tindak kelas dilaksanakan dalam dua siklus, yang pada masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Dalam pengumpulan data penelitian, penulis menggunakan teknik tes dan nontes.Teknik tes berupa menulis argumentasi menggunakan media tajuk rencana.Teknik nontes berupa hasil observasi, jurnal dan dokumentasi foto.Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif.Teknik penyajian hasil analisis dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik penyajian informal yaituperumusan menggunakan kata-kata biasa. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa langkah-langkah pembelajaran menulis argumentasi menggunakan media tajuk rencana sebagai berikut: (a) guru memberikan pengantar teknik pembelajaran menulis argumentasi dengan menggunakan media tajuk rencana; (b) guru memberikan tajuk rencana pada siswa untuk dicermati dengan teliti; (c) siswa kemudian menentukan tema dan tujuan menulis argumentasi; (d) diharapkan siswa dapat memperoleh bahan untuk membuat argumentasi; (e) siswa kemudian menentukan penanda opini pada tajuk rencana agar memudahkan membuat argumentasi (f) waktu yang disediakan kurang lebih 80 menit; (g) setelah siswa selesai menulis, guru bertanya tentang kesulitan yang dihadapi siswa; (h) guru merefleksikan kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Hasil dari siklus I dan siklus II menunjukan bahwa pembelajaran menulis argumentasi menggunakan media tajuk rencana meningkatkan motivasi belajar siswa, memperbesar minat dan perhatian siswa dalam menulis argumentasi, keaktifan dan sikap atau perilaku siswa selama proses pembelajaran juga mengalami perubahan positif sebesar 13% dari siklus I 83% dan disiklus II menjadi 96,3%. Pembelajaran menulis argumentasi dengan media tajuk rencana pada siswa kelas VII E SMP 1 Sapuran dari tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II selalu mengalami peningkatan. Pada prasiklus niali rata-rata menunjukan 60,8 yang tergolomg kurang, pada siklus I meningkat menjadi 74,14 tergolong cukup, dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 77,52 termasuk kategori baik. en_US
dc.publisher Bahasa Indonesia-FKIP en_US
dc.subject menulis argumentasi, media tajuk rencana en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI MENGGUNAKAN MEDIA TAJUK RENCANA SISWA KELAS VII SMP N 1 SAPURAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account