dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik
merek, karakteristik perusahaan, dan karakteristik konsumen-merek
terhadap loyalitas merek pada konsumen sepeda motor Honda di kabupaten
Purworejo, baik secara parsial maupun simultan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen sepeda
motor Honda di kabupaten Purworejo. Teknik pengambilan sampel
menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria konsumen
pernah melakukan pembelian ulang sepeda motor Honda dan berdomisili di
kabupaten Purworejo dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100
responden. Instrumen menggunakan kuesioner dengan skala likert dan
telah diuji cobakan dengan product moment dan memenuhi syarat validitas
dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi
berganda.
Hasil perhitungan dan analisis data yang dilakukan dengan
program SPSS for Windows 16.0. ( 1 )Variabel karakteristik merek
berpengaruh positif terhadap variabel loyalitas merek dengan nilai
koefisien sebesar 0.200 dengan tingkat signifikan 0,012 (<0,05), (2)
Variabel karakteristik perusahaan berpengaruh positif terhadap variabel
loyalitas merek dengan koefisien sebesar 0,301 dengan tingkat signifikan
0,000 (<0,05), (3) Variabel konsumen merek berpengaruh positif terhadap
variabel loyalitas merek dengan nilai koefisien sebesar 0,492 dengan
tingkat signifikan 0,000 (<0,05), (4) Secara bersama-sama variabel
karakteristrik merek, karakteristik perusahaan, dan karakteristik konsumenmerek
berpengaruh terhadap variabel loyalitas merek dengan nilai Fhitung
sebesar 33,650 dengan tingkat signifikan 0,000 (<0,05).
Berdasarkan uraian dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama,
kedua, ketiga, dan keempat terdukung dalam penelitian ini. Ini berarti ada
pengaruh positif variabel karakteristrik merek, karakteristik perusahaan,
dan karakteristik konsumen-merek terhadap loyalitas merek pada
konsumen sepeda motor Honda di kabupaten Purworejo. |
en_US |