Abstract:
Penelitian ini berjudul Pengaruh Variabel Retail Mix terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen di Rita Pasaraya Kebumen. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji: 1) Pengaruh place terhadap keputusan pembelian
konsumen berbelanja di Rita Pasaraya Kebumen, 2) Pengaruh product terhadap
keputusan pembelian konsumen berbelanja di Rita Pasaraya Kebumen, 3) Pengaruh
value terhadap keputusan pembelian konsumen berbelanja di Rita Pasaraya Kebumen,
4) Pengaruh people terhadap keputusan pembelian konsumen berbelanja di Rita
Pasaraya Kebumen, 5) Pengaruh communication terhadap keputusan pembelian
konsumen berbelanja di Rita Pasaraya Kebumen.
Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kabupaten Kebumen
yang berbelanja di Rita Pasaraya Kebumen. Sedangkan teknik pengambilan
sampel menggunakan metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 100
responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Data yang
digunakan adalah data primer yang dikumpulkan menggunakan kuesioner.
Uji instrumen yang digunakan adalah product moment dan cronbach alpha
untuk menguji validitas, dan uji reliabilitas, menunjukkan bahwa semua item valid
dan reliabel. Analisis data menggunakan uji regresi berganda, menunjukkan
terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial variabel-variabel retail mix
(place, product, value, people, communication) terhadap keputusan pembelian di
Rita Pasaraya Kebumen.