Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Miskonsepsi Tentang Pemahaman Konsep Siswa SMP Pada Materi Segiempat

Show simple item record

dc.contributor.author Lusiani
dc.date.accessioned 2018-02-14T07:01:33Z
dc.date.available 2018-02-14T07:01:33Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2724
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dimana letak miskonsepsi tentang pemahaman konsep siswa SMP pada materi segiempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP N 1 Buayan sebanyak 3 orang. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian soal, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berasal dari hasil pekerjaan siswa, hasil wawancara, hasil catatan lapangan, hasil rekaman suara, dan hasil video. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Pemeriksaan validitas data dilakukan dengan triangulasi teknik. Tahapan analisa data yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian diperoleh bahwa letak miskonsepsi tentang pemahaman konsep siswa SMP pada materi segiempat terletak pada saat: (1) menyatakan ulang sebuah konsep, (2) mengklasifikasi setiap objek menurut sifat-sifat tertentu, dan (3) mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah. Untuk miskonsepsi saat menyatakan ulang sebuah konsep dan mengklasifikasi setiap objek menurut sifat-sifat tertentu adalah saat siswa memilih gambar persegi sebagai gambar belah ketupat. Siswa memilih gambar persegi yang sebenarnya hanya diputar bentuknya. Padahal siswa sudah memilih beberapa gambar belah ketupat yang benar pada soal yang diberikan. Selanjutnya saat mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah miskonsepsi terjadi ketika siswa memberikan pernyataan. Selain itu, alasan yang diberikan siswa juga menguatkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi. Siswa juga mengalami miskonsepsi saat siswa tidak menggunakan rumus sesuai konsep yang seharusnya. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Miskonsepsi, Pemahaman Konsep. en_US
dc.title Miskonsepsi Tentang Pemahaman Konsep Siswa SMP Pada Materi Segiempat en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account