dc.description.abstract |
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) jenis
kesalahan siswa dalam menyelesaiakan soal cerita materi operasi hitung bentuk
aljabar; (2) letak kesalahan siswa dalam menyelesaiakan soal cerita materi operasi
hitung bentuk aljabar kelas VIII SMP Swasta di Kecamatan Alian Tahun
Ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Desain penelitian
dalam penelitian ini adalah studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa
kelas VIII SMP As Shidiqiyyah di Kecamatan Alian sebanyak 3 orang.
Penentuan subjek menggunakan prosedur purposive sampling dan snowball
sampling. Data yang dikumpulkan berasal dari hasil pekerjaan siswa, rekaman
suara/hasil wawancara dan catatan lapangan.
Hasil penelitian diperoleh bahwa jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan
soal cerita materi operasi hitung bentuk aljabar adalah (1) Kesalahan fakta.
Kesalahan fakta terlihat ketika siswa tidak menuliskan satuan keliling, panjang,
dan luasnya. (2) Kesalahan konsep. Kesalahan konsep terlihat ketika siswa salah
dalam menentukan variabel yang digunakan, dan siswa tidak menuliskan nilai
konstantanya. (3) Kesalahan operasi. Kesalahan operasi terlihat ketika siswa
salah melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
(4) Kesalahan prinsip. Untuk kesalahan prinsip, terlihat ketika siswa dalam salah
menggunakan sifat distributif perkalian pada bentuk aljabar. Letak kesalahan
siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi operasi hitung bentuk aljabar
adalah (a) Kesalahan dalam memahami soal, (b) Kesalahan membuat model
matematika, (c) Kesalahan menyelesaikan model matematika, (d) Kesalahan
dalam menyatakan jawaban akhir. |
en_US |