Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara: motiva
si belajar terhadap kemampuan berhitung, motivasi belajar terhadap kemampuan
menyelesaikan soal cerita, dan kemampuan berhitung terhadap kemampuan menyelesaikan
soal cerita, mengetahui seberapa besar koefisien setiap jalur pada diagram
penelitian ini (pji), dan untuk mengetahui model penelitian tersebut benar-be
nar didukung data setelah dilakukan analisis jalur.
Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan
Gombong yang berjumlah 780 orang. Dengan sampel sebanyak 79 orang. Pengam
bilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik
pengambilan data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Teknik anali
sis data menggunakan analisis jalur. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji linearitas
dan keberartian dengan uji F.
Hasil analisis korelasi pada taraf kesalahan 5% menunjukkan pengaruh antara:
(1) motivasi belajar terhadap kemampuan berhitung sebesar r = 0,551, (2) mo
tivasi belajar terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita sebesar r = 0,354,
(3) kemampuan berhitung terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita sebesar
r = 0,583, (4) pada model penelitian ini koefisien jalur antara motivasi belajar dengan
kemampuan berhitung sebesar 0,551, koefisien jalur antara motivasi belajar
dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita sebesar 0,047 dan koefisien jalur
antara kemampuan berhitung dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita sebesar
0,557, (5) model tersebut benar-benar didukung data setelah dilakukan analisis
jalur karena semua koefisien korelasi menghasilkan nilai yang sama.