Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Gaya Belajar Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMP

Show simple item record

dc.contributor.author Maemunah, Siti
dc.date.accessioned 2018-02-14T07:14:09Z
dc.date.available 2018-02-14T07:14:09Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2734
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa yang paling berkontribusi dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan desain penelitian fenomenologi dan teknik analisis data yang dilakukan adalah triangulasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang memiliki gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Subjek penelitian diambil melalui penyebaran angket, selanjutnya peneliti melakukan pengamatan lebih lanjut kepada subjek secara bertahap satu per satu sampai data yang didapat sudah jenuh. Siswa dengan gaya belajar visual lebih mampu memecahkan masalah daripada siswa gaya belajar auditorial dan kinestetik. Hal tersebut dapat dilihat dari (1) siswa dengan gaya belajar visual lebih mampu dalam memahami masalah. Siswa dengan gaya belajar auditorial dan kinestetik belum mampu memahami masalah. Selanjutnya (2) siswa dengan gaya belajar visual mampu membuat rencana pemecahan dengan baik. Siswa dengan gaya belajar auditorial dan kinestetik belum mampu membuat rencana pemecahan secara baik. Sedangkan (3) siswa dengan gaya belajar visual mampu melaksanakan rencana daripada auditorial dan kinestetik. Selain itu (4) siswa dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik belum mampu melakukan pemeriksaan kembali pada jawabannya karena belum memanfaatkan waktu yang tersedia. Siswa dengan gaya belajar auditorial lebih baik daripada siswa gaya belajar kinestetik. Hal ini dapat dilihat dari (1) siswa dengan gaya belajar auditorial lebih mampu dalam memahami masalah daripada siswa gaya belajar kinestetik. Selanjutnya (2) siswa dengan gaya belajar auditorial mampu membuat rencana pemecahan dengan baik daripada siswa gaya belajar kinestetik. Sedangkan (3) siswa dengan gaya belajar auditorial mampu melaksanakan rencana daripada kinestetik. Selain itu (4) siswa dengan gaya belajar auditorial dan kinestetik belum mampu melakukan pemeriksaan kembali pada jawabannya karena belum memanfaatkan waktu yang tersedia. Dengan demikian siswa dengan gaya belajar visual lebih baik dalam pemecahan masalah daripada gaya belajar auditorial dan kinestetik. Selain itu, siswa gaya belajar auditorial lebih baik dalam pemecahan masalah daripada siswa gaya belajar kinestetik. Dengan demikian siswa dengan gaya belajar yang paling berkontribusi dalam pemecahan masalah yaitu gaya belajar visual. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject gaya belajar, pemecahan masalah en_US
dc.title Gaya Belajar Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMP en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account