Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara anak berkebutuhan khusus
tunarungu menyelesaikan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
SLB Negeri Purworejo dan siswa SLB-C Karya Bakti Purworejo. Penentuan
subjek yaitu subjek dengan klasifikasi pendengaran sedang. Teknik pengumpulan
data yang dipakai adalah metode observasi, hasil pekerjaan siswa, observasi,
catatan lapangan dan documentasi. Instrumen penelitian berupa lembar soal,
lembar observasi, catatan lapangan dan documentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa cara siswa tunarungu
menyelesaikan soal sebagai berikut: memahami soal untuk mengidentifikasi hal
yang diketahui dan ditanyakan dalam soal tersebut dengan cara membaca
berulang kali menggunakan bantuan jari tangan untuk menunjuk-nunjuk hingga
siswa paham, menghitung menggunakan jari tangan. Membuat model matematika
dengan menggunakan cara yang telah guru ajarkan sebelumnya. Menerapkan
strategi yang digunakan sesuai yang telah guru ajarkan, mengalikan terlebih
dahulu lalu menjumlahkan. Siswa menggunakan jari tangan untuk menghitung
dan coret-coretan pada kertas lain. Siswa menyelesaikan model matematika
dengan cara yang telah guru ajarkan sebelumnya.