Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Kubus Dan Balok

Show simple item record

dc.contributor.author Romadhon, Susi
dc.date.accessioned 2018-02-14T07:18:39Z
dc.date.available 2018-02-14T07:18:39Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2738
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kemudian mengetahui kemampuan komunikasi matematis secara tertulis siswa kelas VIII SMP dalam materi Kubus dan Balok; dan (2) menganalisis kemudian mengetahui kemampuan komunikasi matematis secara lisan siswa kelas VIII SMP dalam materi Kubus dan Balok. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kertek tahun pelajaran 2014/2015. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan guru matematika SMP Negeri 1 Kertek. Teknik pemilihan subjek yang digunakan adalah teknik purposive dan teknik snowball. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, tes, dan catatan lapangan untuk teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) kemampuan komunikasi matematis pada materi kubus dan balok untuk subjek prestasi tinggi menempati kategori sedang karena subjek prestasi tinggi mampu menyelesaikan soal dengan baik meskipun ada soal yang belum bisa dijawab dengan tepat terutama pada nomor 2. Untuk subjek prestasi sedang menempati kemampuan komunikasi matematis tulis kurang karena subjek prestasi sedang dalam mengkomunikasikan pekerjaan secara tulis kurang lengkap, yakni langkahlangkah pengerjaannya tidak sampai hasil akhir. Sedangkan subjek prestasi rendah menempati kategori kemampuan komunikasi matematis tulis sedang karena subjek prestasi rendah dalam menjawab soal belum mampu mengerjakan dengan maksimal dan hasil yang tepat terutama untuk soal hitungan dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. (2) untuk kemampuan komunikasi matematis lisan subjek prestasi tinggi menempati kategori sedang hasil tersebut sama dengan hasil tes tulis karena siswa pemalu, pendiam, dan grogi pada tes lisan sehingga tidak mampu memperoleh hasil maksimal. Sedangkan subjek prestasi sedang juga menempati kategori sedang karena subjek prestasi sedang masih kesulitan mengkomunikasikan pekerjaannya secara lisan terutama pada soal dengan kesulitan lebih tinggi. Subjek prestasi rendah juga menempati kemampuan komunikasi matematis lisan sedang karena subjek belum bisa menjawab soal dengan tepat terutama pada nomor 4 tetapi untuk soal nomor 1, 2 dan 3 mampu meskipun belum mencapai hasil maksimal. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject komunikasi matematis, tulis, lisan. en_US
dc.title Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Kubus Dan Balok en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account