Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi dari masing-masing
gaya belajar (gaya belajar visual, auditorial, kinestetik) terhadap prestasi belajar
matematika pada siswa kelas X MAN. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah dengan teknik
purposive sampling dan snowball sampling. Subjek penelitian diambil dari siswa
kelas X MIPA 3 melalui angket sebanyak 9 siswa. Analisa data dilakukan melalui
beberapa tahapan yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing /
verification.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat kontribusi dari masing-masing
gaya belajar (gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar
kinestetik) terhadap prestasi belajar matematika pada materi eksponen dan
logaritma. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual dan
siswa dengan gaya belajar auditorial sama-sama memberikan kontribusi yang
tinggi terhadap prestasi belajar matematika. Siswa dengan gaya belajar kinestetik
memberikan kontribusi yang rendah terhadap prestasi belajar matematika. Secara
keseluruhan dari ketiga gaya belajar tersebut, gaya belajar visual memberikan
kontribusi yang paling baik terhadap prestasi belajar matematika karena memiliki
skor yang paling tinggi dibandingkan dengan gaya belajar auditorial dan gaya
belajar kinestetik. Sedangkan gaya belajar auditorial memberikan kontribusi yang
lebih baik terhadap prestasi belajar matematika jika dibandingkan dengan gaya
belajar kinestetik.