Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses berpikir kritis siswa kelas
V dalam menyelesaikan masalah matematika pada pokok bahasan KPK. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas V SD N 1 Petanahan di Kecamatan Petanahan sebanyak 3 orang. Penentuan
subjek menggunakan teknik purposive sampling yang bersifat snowball. Teknik
pengumpulan data yang dipakai adalah teknik observasi, teknik wawancara, metode
pemberian masalah matematika dan teknik catatan lapangan. Data yang dikumpulkan
berasal dari hasil observasi, hasil catatan lapangan, hasil pekerjaan subjek,
hasil rekaman suara dan hasil video. Instrumen penelitian yang digunakan berupa
lembar observasi, pedoman wawancara, lembar masalah matematika dan catatan
lapangan. Pemeriksaan validitas data dilakukan dengan triangulasi metode. Tahapan
analisa data yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/ verification.
Hasil penelitian diperoleh bahwa proses berpikir kritis siswa sekolah dasar
dalam pemecahan masalah matematika tentang KPK yaitu subjek dapat mengambil
keputusan sesuai dengan situasi dan kondisi masalah yang dihadapi yaitu dengan
mengidentifikasi konsep dengan cara kelipatan. Selain itu, subjek dapat
menggunakan sudut pandang lain yaitu dengan menggunakan pohon faktor. Selan
jutnya, subjek dapat mengidentifikasi informasi, yaitu mengidentifikasi yang diketahui
dan yang ditanyakan, subjek dapat menerapkan konsep ke dalam situasi baru
dengan cara kelipatan yang dibuat dalam bentuk model matematika dan dapat menarik
kesimpulan.