Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh keaktifan dalam
kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh
motivasi belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) pengaruh
keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi belajar matematika secara
bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika kelas XI SMA N 6 Purworejo.
Populasi penelitian yakni semua siswa kelas XI SMA N 6 Purworejo yang
aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler berjumlah 106 siswa. Jumlah sampel 84 siswa.
Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random
sampling. Instrumen berupa angket yang sudah divalidasi dan diujicobakan.
Analisis data menggunakan analisis korelasi linear dan analisis regresi.
Hasil menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan dari keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar
matematika tergolong rendah dengan persamaan regresi sederhana 𝑌 ̂ = 48,917 +
0,254 𝑋1, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari motivasi belajar
matematika terhadap prestasi belajar matematika tergolong sedang dengan
persamaan regresi sederhana 𝑌 ̂ = 51,164 + 0,199 𝑋2, dan (3) terdapat pengaruh
positif dan signifikan dari keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi
belajar matematika secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika
tergolong sedang dengan persamaan regresi ganda 𝑌 ̂ = 52,190 + 0,179 𝑋1 +
0,028 𝑋2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keaktifan dalam kegiatan
ekstrakurikuler dan motivasi belajar matematika berpengaruh positif dan signifikan
terhadap prestasi belajar matematika baik secara bersama-sama maupun sendirisendiri
pada siswa kelas XI SMA N 6 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016.