Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media
pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technologies),
mengetahui respon siswa, serta mengetahui apakah media pembelajaran berbasis
ICT (Information and Communication Technologies) efektif untuk materi
trigonometri kelas X Teknik Permesinan SMK Nawa Bhakti Kebumen tahun
pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model pengembangan
ADDIE yang hanya sampai uji coba terbatas. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, tes dan angket. Data yang diperoleh dari
hasil pengerjaan siswa pada soal tes prestasi belajar, observasi dengan mengisi
angket keterlaksanaan proses pembelajaran, dan pengisisan angket respon siswa
berupa data kualitatif dan kuantitatif serta analisis dengan persentase. Uji coba
terbatas dilaksanakan pada siswa kelas X Teknik Permesinan A SMK Nawa
Bhakti Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 40 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh proses pengembangan media
pembelajaran: Analysis : kurikulum yang digunakan adalah KTSP, dengan model
pembelajaran konvensional, media pembelajaran yang pernah digunakan
menggunakan komputer dan LCD proyektor, siswa kurang aktif serta penggunaan
rumus matematika yang banyak pada materi trigonometri. Design : menyusun
rencana pengembangan dan menetapkan materi trigonometri sebagai materi
pembelajaran. Development : menetapkan produk yang dibuat adalah e-learning,
membangun sistem e-learning dengan sistem offline dan membuat materi
pembelajaran. Implementation : mengonlinekan e-learning dan memasukan data
pembelajaran di http://elearning-fadjeri.esy.es. Evaluation : melakukan
pengambilan data respon siswa terhadap media pembelajaran, keterlaksanaan
proses pembelajaran dan prestasi pembelajaran siswa. Respon siswa terhadap
media pembelajaran memperoleh skor rerata 83,40 % dengan kategori sangat
baik, prestasi belajar siswa yang lulus soal tes memperoleh skor rerata 77,50%
(KKM > 75 %), dengan kategori sangat baik, keterlaksanaan proses pembelajaran
memperoleh skor rerata 91,38% dengan kategori “sangat baik” dapat disimpulkan
dari ketiga indikator bahwa media pembelajaran berbasis ICT (Information and
Communication Technologies) efektif untuk materi trigonometri kelas X Teknik
Permesinan SMK Nawa Bhakti Kebumen tahun pelajaran 2015/2016.